PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN


Kalau kita mau tahu mutu pendidikan kita, maka kita harus mampu menjawab dengan jujur pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
1. Sudah berapa persen jumlah guru kita yang dapat menggunakan komputer ?
2. Dari sekian persen yang dapat menggunakan komputer, sudah berapa banyak yang dapat mengakses internet ?
3. Dari sekian persen yang dapat mengakses internet, sudah berapa banyak yang dapat memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran ?
Kita jangan mengharapkan Dunia Pendidikan kita mau maju kalau para pendidiknya saja masih GAPTEK. Sekalipun gaji guru dinaikkan 10 kali lipat, saya yakin tidak akan mengubah mutu pendidikan kita sebelum mutu gurunya diperbaiki. Memang sekarang banyak program perbaikkan mutu guru, tapi semua itu hanya berdasar pada formalitas bukan kualitas. Karena guru-guru yang ikut program perbaikkan mutu hanya mencari sertifikat atau piagam untuk kepentingan tertentu.
Seorang pendidik harus selalu mengikuti perkembangan peradaban zaman, kalau tidak sudah pasti anak didiknya juga akan ketinggalan zaman.
Banyak fasilitas dari lembaga pemerintah dan lembaga lainnya yang belum dioptimalkan untuk kepentingan pendidikan. Ini disebabkan oleh kurangnya kualitas para pendidik. Tapi ada juga pendidik yang progresif, hanya jumlahnya terbatas dan perlu ditingkatkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: