Sebab Terjadinya Alam Semesta


Sesuatu dikatakan “ada” jika dapat merangsang panca indera secara langsung maupun tidak langsung. Sebagai contoh sesuatu yang “ada” dan dapat merangsang panca indera secara langsung yaitu matahari, bumi, angin, dan lain-lain. Sedangkan contoh sesuatu yang “ada” dan tidak dapat langsung merangsang panca indera yaitu gelombang elektromagnet, gaya magnet, gaya listrik, dan lain-lain.

Dari pernyataan dan kedua contoh tersebut disimpulkan sesuatu yang tidak dapat diketahui oleh panca indera secara langsung belum dapat dikatakan tidak ada, karena sesuatu itu bisa jadi hanya akibatnya yang dapat merangsang panca indera.

Jika alam semesta ini dipandang sebagai akibat, tentu ada penyebab terjadinya alam semesta, dan sudah pasti penyebab itu berada di luar alam semesta karena sebagai penyebab mendahului akibat.

Empat dimensi pokok alam semesta yaitu ruang, massa, gerak, dan waktu.Ruang merupakan dimensi tempat keberadaan massa (benda). Massa (benda-benda) yang ada di alam merupakan isi dari dimensi ruang. Perubahan kedudukan antar benda-benda yang berada dalam dimensi ruang menyebabkan dimensi gerak. Karena adanya gerak benda-benda dalam dimensi ruang maka menyebabkan adanya dimensi waktu.

Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa “sesuatu” yang menyebabkan terjadinya alam semesta memiliki empat kriteria, yaitu :
1. Tidak terikat pada ruang, karena ruang bagian dari dimensi alam semesta.
2. Tidak terikat pada massa, karena massa terikat pada dimensi ruang.
3. Tidak terikat pada gerak, karena gerak terikat pada dimensi massa dan ruang.
4. Tidak terikat pada waktu, karena waktu terikat pada dimensi gerak, massa,dan
ruang.

Apakah hakekat “sesuatu itu?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: