Seruan "Boikot"


Sebagai rasa solidaritas kepada rakyat Palestina yang sedang digempur oleh Israel, sekelompok organisasi keagamaan yang ada di Indonesia menyerukan untuk memboikot produk AS dengan alasan negara tersebut merupakan pendukung kuat Israel. Tapi yang perlu dipertanyakan adalah “Apakah sanggup untuk memboikot produk AS?” Kalau produk AS yang dimaksud adalah jenis makanan dan minuman bisa jadi memang sanggup, karena memang lidah orang Indonesia lebih dekat dengan singkong (ketela pohon) daripada keju. Hanya saja bagaimana produk AS yang berkaitan dengan teknologi misalnya dibidang IT. Hampir semua komputer di Indonesia menggunakan program microsof, dan kita tahu program tersebut produk AS. Internet juga termasuk produk AS.

Dari uraian diatas dapat menggaris bawahi “seruan boikot” oleh kelompok keagamaan tertentu tersebut bersifat emosional dan tidak proporsional. Jika disadari sebenarnya justu Indonesi yang sangat tergantung pada AS, baik dibidang teknologi maupun ekonomi.Ketika beberapa perusahaan di AS bangkrut justru masyarakat Indonesia menjerit karena harga komoditas petani seperti kopi, karet, sawit, dll turun drastis.

Jika kita semua mencintai kedamaian, maka upaya yang terbaik dan beradab dalam penyelesaian konflik adalah memaksimalkan persuasi diplomasi, bukan saling menekan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: